”Penerapan Pembelajaran Model Aplikasi Komputer MidiPiano Player untuk Meningkatkan ketrampilan menyanyikan lagu-lagu Nasional bagi siswa Kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Sumbawa Tahun Pelajaran 2016/2017”



BAB I
PENDAHULUAN
A.       Latar BelakangMasalah
Dalam pembelajaran seni budaya khususnya seni musik banyak upaya yang telah dilakukan oleh peneliti guna meningkatan hasil belajar siswa, namun usaha itu belum menujukkan hasil optimal terutama dalam pembelajaran menyanyikan lagu-lagu wajib nasional dan lagu-lagu daerah. Hasil dari proses pembelajaran dengan cara sederhana yang biasa dilakukan, dengan menujukan kesalahan dan memberikan contoh kurang menarik dan jauh dari harapan.
Nilai hasil proses belajar menyanyikan lagu-lagu wajib dengan tempo  dan notasi yang tepat masing banyak dibawah standar, Sedangkan hasil ketrampilan menyanyikan lagu-lagu Nasional yang baik pada pendidikan Seni budaya disekolah merupakan aspek yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari proses lahirnya sebuah penampilan karya musik yang nikmat untuk dinikmati .Karena dari hasil kegiatan belajar menyanyikan lagu wajib dengan tempo dan notasi yang tepat akan menjamin ketrampilan menyanyikan lagu lebih menarik dan nikmat untuk dinikmati. Dalam pendidikan seni rupa di sekolah tingkat menengah pertama penggunakan model aplikasi komputer MidiPiano merupakan hal yang baru dan akan menjadi salah satu cara membangkitkan  motivasi dan minat siswa untuk belajar kreatif dan inovatif, sehingga siswa merasa bangga ketika mampu menyanyikan lagu.dengan baik. Prosentase kelulusan yang harus dimiliki oleh siswa secara tidak langsung akan terpacu untuk dicapai.

Penciptaan keakraban terhadap penguasan teknologi komputer yang sedang dimasyarakat oleh pemerintah akan tercipta di lingkungan sekolah juga. Dengan pengunaan aplikasi komputer MidiPiano player yang telah diajarkan oleh guru bidang studi Teknologi Informasi dan Komonikasi, siswa akan mudah diajak untuk memahami tahapan–tahapan menyanyikan lagu dengan tempo dan notasiyang tepat
Awal yang menarik bagi siswa, ketika diberi tugas untuk dian tidak tergesa-gesa ikut menyanyikan syair dari lagu yang baru ditampilkan dengan pengunaan aplikasi komputer MidiPiano.player Sebagian siswa mulai menyadari kesalahan dan mulalai member komentar terhadap temannya yang mencoba menyanyikan syair lagu menurut versi pengalaman siswa
Penggunaan MidiPiano player dengam mempercepat tempo kemudian memperlambat terus diperlambat siswa mulai menyadari jika penguasaan tempo dan notasi dengan tepat sangat diperlukan dalam sebuah penampilan. Pemutaran pada salah satu bait lagu yang sering dinyanyikan kurang tepat dilakukan secara berulang ulang kali, dapat memberikan pentunjuk siswa untuk memperbaiki kesalahan. sehingga siswa yang kreatif akan terpacu untuk mencari hasil yang terbaik.
Belum terlaksananya kegiatan pemberian pengalaman pembelajaran dengan menggunakan model aplikasiproses komputer, yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa, sehingga terjadi proses belajar yang lebih berfariatif. Dan dilain pihak peserta didik banyak membuang waktu, suasana kelas dengan tingkat gangguan tinggi, keadaan suasana menjemukan, materi pelajaran yang banyak membutuhkan pemahaman, perhatian dan ketelitian disetiap tahapan ,menjadikan siswa bersikap sinis, apatis, dan karya yang dihasilkan kurang menarik.
Dari uraian masalah di atas mendorong peneliti untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul, ”Penerapan Pembelajaran Model Aplikasi Komputer MidiPiano Player untuk Meningkatkan ketrampilan menyanyikan lagu-lagu Nasional bagi siswa Kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Sumbawa Tahun Pelajaran 2016/2017

B.       Indetifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat diindentifikasikan permasalahannya yakni sebagai berikut:
1.         Rendahnya hasil belajar siswa terhadap penampilang dalam membawakan lagu Nasional
2.         Kurangnya inovasi pada penerapan pola atau motode tertentu oleh siswa dalam menghadapi hambatan belajar.
3.         Siswa senang mendahulu menyanyi pada sebuah lagu yang dianggap dikuasai.
4.         Kurangnya pemahaman bagaimana langkah menyanyikan lagu dengan tempo dan notas yang tepat
C.       Batasan Masalah
Berdasarkan Indetifikasi Msalah di atas serta mengingat keterbatasan waktu,maka peneliti membatasi penerapan pembelajaran komputer ini pada peningkatan ketrampilan menyanyikan lagu-lagu Nasional bagi siswa kelas VIII B SMPN 3 Sumbawa tahunpelajaran 2011/2012meliputi;
1.             Subyek penelitian siswa kelas VII dan VIII SMPN 3 Sumbawa pada peningkatan ketrampilan menyanyikan lagu-lagu Nasional tahun pelajaran 2016/2017.
2.             Obek penelitian siswa kelas VII dan VIII SMPN 3 Sumbawa pada kegiatan pembelajaran penerapan model program aplikasi komputer MidiPiano Player  untuk peningkatan ketrampilan menyanyikan lagu-lagu Nasional.
D.       Rumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas rumus masalah dalam penelitian ini adalah:
Apakah melalui penerapan model program aplikasi komputer MidPiano player dapat meningkatkan ketrampilan bagi siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Sumbawa tahun ajaran 2016/2017?

E.        Tujuan Penelitian.
Adapun tujuan Penelitiahan Tindakan Kelas ini adalah: Untuk mengetahui penerapan model aplikasi progrom komputer MidiPiano player terhadap peningkatan keterampilan menyanyikan lagu-lagu Nasional siswa kelas VII dan VIII SMP NegeriSumbawa tahun pelajaran 2011/2012.

F.        Manfaat Hasil Penelitian.
Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini diharapkan dapat bermanfaat :
1.        Bagi Sekolah :
Sebagai masukan pada SMP Negeri 3 Sumbawa  untuk mengembangkan model pembelajaran pendidikan seni budaya yang harus menyesuaikan dengan perkembagan Ilmu pengetahuan dan teknologi informatika yang sedang diprogram oleh pemerintah.
2.        Bagi Peneliti lain :
Sebagai bahan acuan peneliti lain untuk ikut berpartisipasi mengembangkan permasalah pembelajaran seni rupa dengan pengunaan aplikasi kompunter yang belum tersentuh peneliti.
3.        Bagi Guru :
a.              Meningkatkan prestasi kerjadalam melaksanakan tugas sehari–hari di sekolah sebagai guru seni rupa.
b.             Sebagai bahan referensi bacaan bagi teman–teman Guru pendidikan seni budaya khususnya seni musik
4.        Bagisiswa:
a.              Memberi masukan yang berarti, sehingga siswa lebih terpacu lagi untuk berlatih dalam sebuah penampilan
b.             Memotivasi siswa kelas lain untuk ikut berinofatif dalam berkarya.
5.        Bagi peneliti:
a.              Menambah pengetahuan dan ketrampilan peneliti dalam kegiatan penulisan ilmiah.
b.             Memotifasi peneliti untuk membuat karya ilmiah.
6.        Manfaat Teoritis
a.              Meningkatkan hasil kemampuan siswa di dalam keterampilan menyanyikan lagu-lagu Nasional
b.             Menambah pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan siswa dalam pengoperasian komputer.
c.          Memudahkan memahami dalam keterampilan membawakan sebuah lagu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

materi kajian seni budaya

2 mei 2012

Bahan Ajar Seni Musik