menggambar sambil belajar memahami perhitungan bidang

Dalam kegiatan praktek menggambar sering kali mendapatkan kendala karena mata pelajaran ini nilia oleh sebagian besar orang tua dianggap sebagai para pelajaran yang sia-sia karena membuang waktu sehingga ada sebagian orang tua atau yang dituakan mengambil kekerasan untuk menghakimi anak yang baru tertarik benda konsep pendalaman sebuah ilmu yang kreatif ditapahkan dan dibunuh dengan berbagai ancaman. 
Prinsip pembinaan untuk tetap belajar sukses dalam 4 bidang studay memang harus ke depankan tapi jika kita sedikit mau melihat diri kita sendiri, jika kita sendiri dipatahkan semangat kerja kita teryata kita sendiri kadang juga muncul rasa jengkel terhadap orang itu. lebih parahnya pada diri kita kadang jika tersentuk oleh harga diri kita menempatkan yang nomer 1 dari segala-galanya menjadi nomer 2 bahkan melupakan. jika yang dipaksakan tak berhasil baru mencari pembenaran-pembenaran sehingga memantapkan gagasannya .
andai kata kita tidak emosional dan tidak enggan mencoba mengalihkan perhatian ada kemungkinan kegiatan menggambar dapat membantu pembiasaan setiap menumuhi tugas dapat mengaitkan pengetahuan lain sehingga lebih memertajam ingatan akan semua pengetahuan yang telah didapat.
jika kita mau belajar dari manfaat olah raga terutama dari gerakkan-gerakkan senam otak temtunya gerakkan-gerakan pola menggambar dapat membuat ketegangan otak,otot disegarkan. memang  memang setiap kegiatan yang membuat penasaran anak jika tidak ada pendampingan akan berujung pada kecanduan sehingga berlarut-larut terjebak kesenangan yang berlebihan karena belum memiliki kemampuan pengendalian dirinya dan melupakan untuk memperluas pengetahuan sebagai bekal kehidupan yang akan datang. 
Berkaitan dengan pendampinganan kegiatan menggambar penulis mencoba membuat illustrasi pemanfaatan ketertarikan kegiatan belajar menggambar bentuk wajah manusia untuk mengingatkan kembali pengetahuan perhitungan bidang .

Dari materi kegiatan menggambar bentuk kepala manusia temtunya seorang guru akan mengajak siswanya memahami dulu bentuk dasar wajah manusia. dari bentuk dasar wajah manusia akan menemukan pemahaman bentuk benda yang mendekati bentuk dasar kepala manusia yaitu telur. dari benda telur akan menemukan pemahaman bentuk bidang lingkaran . dari kegiatan membuat lingkaran andai kata ada pendampingan pada diri siswa yang mengalami kesulitan membuat bidang lingkaran rupanya dapat dibawah kepemahaman perhitungan luas bidang keliling bidang dimana pusatnya berapa ukuran jari-jarinya dan bagaimana rumusnya untuk mencari luas bidang lingkaran ?......dam bagaimana rumusnya untuk mencari keliling bidang lingkaran. jika dimukingkan siswa yang tertarik akan pengingatan pada pelajaran matematika perlu difasilitasi untuk mencoba mencurahkan kedalam sebuahlembaran bidang  yang nantinya dapat dipotong  dan ditempelkan kemuka siswa atau kita sebagai pendamping. langkah awal kemunginan yang pertama kita coba untuk menujuhkan jarah hidung ke telingga kanan dan kiri sehingga dapat di tarik kesimpulan dari jumlah ke dua jarak ( jarak hidung kiri menuju hidung kanan) sebagai jari-jari lingkaran .


dari tarikkan garis pada wajah temtu akan memperoleh ukuran panjang jari-jari sebuah bidang lingkar  .
ada kemungkinan jika kita mau memberikan nasehat menujukkan keseimbangan perilaku karakter yang baik dalam memandang kehidupan rupanya dapat kita memberi masukan" agar anak dapat mengambil sisi kebaikan teman yang ada kanan maupun yang ada dikirinya " bila garis diputar ada kemungkinan kita dapat menyadarkan anak jika menhadapi masalah bersama teman-temannya haruslah memutar otak dulu(berpikir dengan cerdas) baru bertutur kata. sebaliknya jika anak mau membuat sebuah pernyataan pada orang lain hendaklah melihat dahulu kepada siapa anak mau bicara, teman dekat atau teman yang bebeda paham, teman akrap atau belum dikenal baru pernyataan dilontarkan.

dari pemahaman bentuk wajah manusia yang kita selingi penguatan akan rumus luas lingkaran dan keliling lingkaran kemudian dilanjutkan pembuatan bidang lingkaran.yang kemungkinan diselingi masukan-masukan nasehat nasehat atau petujaun dalam berkomonikasi antar teman atau dengan orang yang lebih tua pengrtahuanannyanatau usianya.
bentuk lingkaran yang telah dibuat dilanjutkan dengan menarik garis dari pusat lingkaran menuju arah ke kebawah untuk pertimbangan keseimbangan dalam menempatkan bentuk-bentuk bagian-bagian wajah.tarikan garis tersebut juga sebagai arahan atau bantuan untuk membuat bentuk bulat telur yang mengarah ke bentuk dasar wajah manusia.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

materi kajian seni budaya

2 mei 2012

Bahan Ajar Seni Musik