penerapan ragam hias pada bahan tekstil


 



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )ragam hias pada  bahan tekstil
SEKOLAH                                 :  SMP Negeri 3 Sumbawa besar
MATA PELAJARAN               :  Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                :  VII/2
ALOKASI WAKTU                 :   6 X 40 Menit ( 2 x pertemuan )
1.      KOMPETENSI    INTI       :
KI 1 : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
2.      KOMPETENSI DASAR  DAN  INDIKATOR :
1.1         Menerima, menanggapi, dan menghargai keragaman dan keunikankarya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
INDIKATOR :
1.1.1.      Menghargai keragaman dan keunikankarya seni rupa tekstil sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan (sikap relegius)
2.1.       Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 
INDIKATOR :
2.1.1.          Menunjukkan sikap menghargai karya  tekstil orang lain sebagai salah satu budaya daerah.(sikap soisial)
2.1.2.          Menunjukkan sikap jujur dalam  mengamati mutu bahan tekstil, makna dan keunikkan dalam pembuatan karya tekstil.
2.1.3.          Menunjukkan sikap disiplin dalam aktivitas mengamati pola hiasan pada bahan tekstil.
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya

INDIKATOR(kegiatan inti):
2.2.1       Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam memahami karya seni rupa tekstil.
2.2.2       Menunjukkan sikap pedul iterhadap penciptaan pola hiasan pada bahan tekstil.
2.2.3       Menunjukkan sikap satun dalam menciptakan pola-pola bentuk hiasan pada bahan tekstil.

2.3.    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
INDIKATOR (kegiatan inti):
2.3.1.     Menunjukkan sikap  percaya diri  dalam membuat hiasan pada bahan tekstil.
2.3.2.     Menunjukkan sikap  motivasi internal yang baik dalam pembuatan hias pada bahan tekstil.
2.3.3.     Menunjukkan sikap  pedulit erhadap lingkungan dalam berkarya seni hias pada bahan tekstil.

3.3.       Memahami  konsep dan prosedur  penerapan ragam hias pada  bahan tekstil
INDIKATOR (kegiatan inti ):
3.3.1.          Mendeskripsikan konsep ragam hias pada  bahan tekstil
3.3.2.          Menjelaskan obyek-obyek ragam hias yang dapat diungkapkan pada  bahan tekstil
3.3.3.          Menjelaskan prosedur  penerapan ragam hias pada  bahan tekstil

4.3.    Menerapkan ragam hias pada  bahan tekstil
INDIKATOR(kegiatan inti) :
4.3.1.      Menujukkan kemampuan menerapkan  prosudur dalam pembuatan  hiasan tekstil

4.3.1.      Mepresentasikan hasil kegiatan penerapan prosudur dalam pembuatan  hiasan tekstil 

1.      TUJUAN PEMBELEJARAN :
(pendahuluan ):
Siswa diberi kesempatan mengamati keragaman dan keunikan karya seni rupa  dari bahan teksil,
1.      Siswa dapat menujukkan sikap menghargai keragaman dan keunikkan karya seni rupa  hiasan dari bahan tekstil orang lain.
2.      siswa dapat menujukkan sikap ekpresi yang jujur dalam menikmati keindahan hiasan dari bahan teksil.
3.      siswa dapat menujukkan sikap disiplin dalam aktivitas mengamati pola hiasan pada bahan teksil.
                                                     
(kegiatan inti):
1.      Siswa diberi kesempatan untuk membaca buku bahan ajar, melihat tanyangan karya keragaman dan keunikankarya seni rupa dari bahan teksil, siswa dapat menunjukkan sikap bertanggung  jawab dalam mendiskripsikan konsep hiasan pada bahan teksil
2.      Setelah memperhatikan penjelasan guru dan tanyangan obyek – obyek hiasan pada bahan teksil, siswa dapat menjelaskan dan menerapkan prosedur menggambar obyek hiasan pada bahan tekstil
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, siswa dapat memilih obyek gambar dan bahan tekstil
4.   Siswa diberi kesempatan untuk berkarya, siswa dapat menujukkan kemampuan menerapkan proses karya tekstil.
5.    Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil kegiatan belajar karya tekstil, siswa dapat membuat laporan hasil kegiatan belajar karya tekstil.

1.      MATERI PEMBELEJARAN :
1.      Penampilan gambar vidio ragam karya tekstil
        a)   gambar busana-busana daerah  untuk diamati bahan yang digunakan, motif yang ditampilkan , teknik pencurahan gagasan menjadi sebuah hiasan.
         b)  vidio proses pembuatan karya tekstil

2.   Pengertian tekstil :
Bentuk ungkapan kreativitas dalam membuat karya seni rupa terapan yang memiliki tujuan menyiapkan bahan baku untuk pembuatan busana.


2.      Obyek-obyek hiasan yang dapat diungkapkan pada bahan tekstil
a)           Bentuk –bentuk stilasi tumbuh-tumbuhan
b)           Bentuk –bentuk stilasi binatang.
c)           Bentuk –bentuk stilasi manuasia
d)          Bentuk –bentuk stilasi bidang ilmu ukur.
e)           Bentuk –bentuk stilasi huruf dan angka.

3.      Teknik penenerapan ragam hias pada bahan  tekstil :
a)         Batik tulis
b)        Batik lukis
c)         Batik ikat
d)        Batik cetak
e)         Tenun
f)         Bodir
g)        Sulam
h)         Lukis

4.      Jenis dan sifat bahan tekstil
a)                Bahan utama
1)                Katun
2)                Wol
3)                Sutera
4)                Dakron, polyester dan nilon
5)                Broket, lame, dan songket.
b)                Bahan pendukung
1)      Pewarna tekstil
a.       Pewarna alami.
b.      Pewarna sintetis
2)      Lilin ( bhs Jawa malam )

5.      Peralatan kegiatan karya tekstil.
a)Batik
1)      Batik tulis.
2)      Batik ikat.
3)      Batik painting.
4)      Batik sablon.
b)            Tenun
c)       Brodir
d)           sulam

6.      Proses pembuatan ragam hiasan pada bahan tekstil
a)       Perencanaan hiasan
b)            Penerapan hiasan pada salah satu bahan tekstil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapresiasi keragaman dan keunikan karya seni daerah.

Hasil karya uji coba melukis dengan teknik pointilis kelas 9

materi kajian seni budaya