”Penerapan Pembelajaran Model Aplikasi Komputer MidiPiano Player untuk Meningkatkan ketrampilan menyanyikan lagu-lagu Nasional bagi siswa Kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Sumbawa Tahun Pelajaran 2016/2017”
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar BelakangMasalah
Dalam pembelajaran seni budaya khususnya seni
musik banyak upaya yang telah dilakukan oleh peneliti guna meningkatan hasil
belajar siswa, namun usaha itu belum menujukkan hasil optimal terutama
dalam pembelajaran menyanyikan lagu-lagu wajib nasional dan lagu-lagu daerah. Hasil dari proses pembelajaran dengan cara sederhana yang biasa
dilakukan, dengan menujukan kesalahan dan memberikan contoh kurang menarik dan
jauh dari harapan.
Nilai hasil proses
belajar menyanyikan lagu-lagu wajib dengan tempo dan notasi yang tepat masing banyak dibawah
standar, Sedangkan
hasil ketrampilan menyanyikan lagu-lagu Nasional yang baik pada pendidikan Seni budaya
disekolah merupakan aspek yang sangat penting dan tidak
dapat dipisahkan dari proses lahirnya sebuah penampilan karya musik yang nikmat untuk dinikmati .Karena dari hasil kegiatan belajar menyanyikan lagu wajib dengan tempo dan notasi yang tepat akan menjamin ketrampilan menyanyikan lagu lebih menarik dan nikmat untuk dinikmati. Dalam
pendidikan seni rupa di sekolah tingkat
menengah pertama penggunakan model aplikasi komputer MidiPiano merupakan hal yang baru dan akan menjadi salah satu cara membangkitkan motivasi dan minat siswa untuk belajar kreatif dan inovatif, sehingga siswa merasa
bangga ketika mampu menyanyikan lagu.dengan baik. Prosentase kelulusan yang
harus dimiliki oleh siswa secara tidak langsung akan terpacu
untuk dicapai.
Penciptaan keakraban terhadap penguasan teknologi komputer yang sedang dimasyarakat
oleh pemerintah akan tercipta di lingkungan sekolah juga. Dengan pengunaan
aplikasi komputer MidiPiano player yang telah diajarkan oleh guru bidang studi Teknologi Informasi dan Komonikasi,
siswa akan mudah diajak untuk memahami tahapan–tahapan menyanyikan lagu dengan
tempo dan notasiyang tepat
Awal yang menarik bagi siswa, ketika diberi tugas untuk dian tidak
tergesa-gesa ikut menyanyikan syair dari lagu yang baru ditampilkan dengan pengunaan aplikasi komputer MidiPiano.player Sebagian siswa mulai
menyadari kesalahan dan mulalai member komentar terhadap temannya yang mencoba
menyanyikan syair lagu menurut versi pengalaman siswa
Penggunaan MidiPiano player dengam mempercepat tempo kemudian memperlambat terus diperlambat siswa
mulai menyadari jika penguasaan tempo dan notasi dengan tepat sangat diperlukan
dalam sebuah penampilan. Pemutaran pada salah satu bait lagu yang sering dinyanyikan
kurang tepat dilakukan secara berulang ulang kali, dapat memberikan pentunjuk siswa
untuk memperbaiki kesalahan. sehingga siswa yang kreatif akan terpacu untuk
mencari hasil yang terbaik.
Belum terlaksananya kegiatan pemberian pengalaman pembelajaran dengan menggunakan model aplikasiproses komputer, yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat
siswa, sehingga terjadi proses belajar yang lebih berfariatif. Dan dilain pihak
peserta didik banyak membuang waktu, suasana kelas dengan tingkat gangguan
tinggi, keadaan suasana menjemukan, materi pelajaran yang banyak membutuhkan pemahaman, perhatian dan ketelitian disetiap
tahapan ,menjadikan siswa bersikap
sinis, apatis, dan karya yang dihasilkan kurang menarik.
Dari uraian masalah di atas mendorong
peneliti untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul, ”Penerapan
Pembelajaran Model Aplikasi Komputer MidiPiano Player untuk Meningkatkan ketrampilan menyanyikan lagu-lagu
Nasional bagi siswa Kelas VII
dan VIII SMP Negeri 3 Sumbawa Tahun Pelajaran 2016/2017”
B.
Indetifikasi Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka dapat diindentifikasikan permasalahannya yakni
sebagai berikut:
1.
Rendahnya hasil belajar siswa terhadap penampilang dalam
membawakan lagu Nasional
2.
Kurangnya inovasi pada penerapan pola atau motode tertentu
oleh siswa dalam menghadapi hambatan belajar.
3.
Siswa senang mendahulu menyanyi pada sebuah lagu yang
dianggap dikuasai.
4.
Kurangnya pemahaman bagaimana langkah menyanyikan lagu dengan
tempo dan notas yang tepat
C.
Batasan Masalah
Berdasarkan Indetifikasi Msalah di atas serta mengingat
keterbatasan waktu,maka peneliti membatasi penerapan pembelajaran komputer ini
pada peningkatan ketrampilan menyanyikan lagu-lagu Nasional bagi siswa kelas VIII B SMPN 3 Sumbawa tahunpelajaran
2011/2012meliputi;
1.
Subyek penelitian siswa kelas VII dan VIII SMPN 3 Sumbawa
pada peningkatan ketrampilan menyanyikan lagu-lagu Nasional tahun pelajaran
2016/2017.
2.
Obek penelitian siswa kelas VII dan VIII SMPN 3 Sumbawa pada
kegiatan pembelajaran penerapan model program aplikasi komputer MidiPiano Player untuk peningkatan ketrampilan menyanyikan
lagu-lagu Nasional.
D.
Rumusan Masalah.
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas rumus masalah dalam penelitian ini adalah:
Apakah melalui penerapan
model
program aplikasi komputer MidPiano player dapat meningkatkan ketrampilan bagi siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Sumbawa tahun ajaran 2016/2017?
E.
Tujuan Penelitian.
Adapun tujuan Penelitiahan Tindakan Kelas ini adalah: Untuk mengetahui penerapan model
aplikasi progrom komputer MidiPiano player terhadap peningkatan keterampilan
menyanyikan lagu-lagu Nasional siswa kelas VII dan VIII SMP NegeriSumbawa tahun pelajaran 2011/2012.
F.
Manfaat Hasil Penelitian.
Hasil Penelitian
Tindakan Kelas ini diharapkan dapat bermanfaat :
1.
Bagi Sekolah :
Sebagai masukan
pada SMP Negeri 3 Sumbawa untuk mengembangkan model pembelajaran
pendidikan seni budaya yang harus menyesuaikan dengan perkembagan Ilmu
pengetahuan dan teknologi informatika yang sedang diprogram oleh pemerintah.
2.
Bagi Peneliti lain :
Sebagai bahan
acuan peneliti lain untuk ikut berpartisipasi mengembangkan permasalah
pembelajaran seni rupa dengan pengunaan aplikasi kompunter yang belum tersentuh
peneliti.
3.
Bagi Guru :
a.
Meningkatkan prestasi kerjadalam melaksanakan tugas sehari–hari di
sekolah sebagai guru seni rupa.
b.
Sebagai bahan referensi bacaan bagi teman–teman Guru
pendidikan seni budaya khususnya seni musik.
4.
Bagisiswa:
a.
Memberi masukan yang berarti,
sehingga siswa lebih terpacu lagi untuk berlatih dalam sebuah
penampilan
b.
Memotivasi siswa kelas lain untuk ikut
berinofatif dalam berkarya.
5.
Bagi peneliti:
a.
Menambah pengetahuan dan ketrampilan peneliti dalam kegiatan penulisan ilmiah.
b.
Memotifasi peneliti untuk membuat karya ilmiah.
6.
Manfaat Teoritis
a.
Meningkatkan hasil kemampuan siswa di
dalam keterampilan menyanyikan lagu-lagu Nasional
b.
Menambah pengetahuan dan meningkatkan
ketrampilan siswa dalam pengoperasian komputer.
Komentar
Posting Komentar